Tuhan Perlindunganku

Bacaan hari ini: Mazmur 54-56, Bacaan setahun: Hosea 10-12

“Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku.” (Mazmur 54:6)

Mazmur ini merupakan hasil dari perenungan Daud ketika ia sedang mengalami kesusahan dan dituangkannya ke dalam tulisan ketika bahaya yang dihadapinya sudah lewat. Boleh dikatakan bahwa Mazmur ini mengungkapkan rasa syukur Daud atas pertolongan Tuhan yang telah membebaskannya dari ancaman bahaya para musuhnya, yakni raja Saul dan orang-orang yang membencinya.

Ketika para musuh sedang mengejar dan menginginkan nyawanya, Daud melarikan diri dan bersembunyi di padang gurun, di tempat-tempat perlindungan, di padang gurun Zif (1Sam. 23:14). Di sana, Daud dan para pengikutnya tinggal tenang dan aman. Namun sayang, ketenangan dan keamanan mereka terusik. Saul terus mencari dan memburu. Mengetahui hal ini hati Daud sangat sedih dan kecewa kepada mereka. Mengapa? Bukankah mereka, orang Zif, adalah bagian orang Yehuda (Yosua 15:55). Namun, mereka telah bertindak jahat dan mengkhianatinya dengan memberitahukan tempat persembunyiannya kepada Saul.

Dalam situasi dan kondisi demikian, berlarilah Daud kepada Allah. Ia sadar bahwa orang-orang fasik, yakni orang-orang yang angkuh, sombong, dan tidak mempedulikan Allah, telah bangkit untuk menyerangnya dan bahkan menginginkan nyawanya (ayat 5). Itu sebabnya ia datang berseru seraya memohon agar Allah menyelamatkan dan memberikan keadilan kepadanya (ayat 3-4). Demi kasih setia Allah kepada umat-Nya, Daud pun memohonkan penghukuman atas musuh-musuhnya (ayat 7). Demikianlah Daud mengalami pertolongan Tuhan dan dilepaskan dari segala kesesakannya sehingga ia tidak perlu lagi takut memandangi musuhnya.

Dari bagian ini kita belajar bahwa dalam kesulitan yang menyesakkan dan mengancam jiwa kita, marilah kita datang kepada Allah. Karena hanya Allah yang dapat dipercaya dan diandalkan untuk menolong dan menopang kita dalam situasi dan kondisi sulit yang kita alami (ayat 6). Bersyukurlah selalu atas segala pertolongan Tuhan yang telah membebaskan kita dari ancaman bahaya maut dari para musuh kita.

STUDI PRIBADI:
(1) Ceritakan bagaimanakah Daud mengalami pertolongan dan kelepasan dari TUHAN?
(2) Tulislah pengalaman Anda saat mengalami kelepasan dari TUHAN.

Pokok Doa: Berdoalah bagi para pemimpin bangsa ini agar TUHAN bekerja melalui mereka untuk membawa bangsa ini keluar dari segala permasalahan yang ada, Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *