Nasihat Bagi Yang Muda

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda.” (1 Timotius 4:12a)



Pembahasan: 1 Timotius 4:11-12 | Ayat Bacaan: 1 Timotius 4:11-5:2

Tugas Timotius yang masih muda dan baru berada di jemaat Efesus tidak mudah, karena dia akan berhadapan dengan orang-orang lebih tua atau senior di jemaat Efesus. Oleh karena itu, ada keraguan apa Timotius bisa menunaikan tugas dari Rasul Paulus, yaitu memberitakan dan mengajarkan firman.

Memberitakan firman dan mengajarkan firman adalah dua hal berbeda dan saling melengkapi yang terus dikerjakan gereja. Memberitakan firman melalui mimbar minggu dan acara-acara umum lainnya, termasuk kepada mereka yang belum percaya. Sedangkan mengajarkan, itu berarti memiliki satu atau beberapa maksud khusus, pada kelompok tertentu. Ini biasanya dilakukan dalam gereja melalui pembinaan tema tertentu, atau ditujukan kepada komunitas atau golongan tertentu. Ini artinya memberitakan firman bersifat umum, sedangkan pembinaan iman jemaat bersifat khusus, terarah, dan menghasilkan pertumbuhan iman yang juga bisa diukur beriringnya waktu yang berjalan. Jika diumpamakan seorang petani, maka memberitakan firman adalah seperti menabur benih di ladang, sedangkan pembinaan adalah bagaimana memperhatikan tanaman demi tanaman agar tidak terkena hama dan menghasilkan buah yang baik. Untuk tugas itulah, Timotius dinasihati agar jangan ada yang meremehkan karena dia muda, namun hendaknya Timotius bisa menjadi teladan dalam hal itu.

Akan tetapi, memberi teladan dalam memberitakan dan mengajarkan firman juga bisa dilakukan dalam keseharian kehidupan kita, tidak hanya di gereja saja. Setiap kita bisa melakukannya melalui kesaksian iman yang baik dalam perkataan, perbuatan, dan karakter rohani kita. Dunia hari ini tidak kekurangan rohaniwan untuk mengajar, tidak kekurangan informasi dari internet yang menjelaskan tentang pokok-pokok iman Kristen. Akan tetapi, dunia kekurangan orang-orang Kristen yang bisa menjadi teladan bagi mereka, yang menunjukkan kepada mereka tentang ajaran Kristen yang sejati dan bagaimana menghidupinya. Inilah tugas kita, maka dari itu jangan biarkan dunia meremehkan kita, karena kita adalah orang Kristen!

STUDI PRIBADI: Untuk bisa menjadi teladan dalam hidup, Saudara harus melakukan apa? Untuk memberitakan dan mengajarkan firman Tuhan, apa yang akan Saudara siapkan?

Pokok Doa: Berdoalah kepada Tuhan agar memampukan kita untuk menjadi teladan dalam menghidupi firman Tuhan melalui keseharian kehidupan kita, baik di keluarga, gereja, dan lingkungan.

Sharing Is Caring :

×

1 Timotius 4 : 11-12

11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu.

12 Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kemurnianmu.

×

1 Timotius 4:11-5:2

11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu.

12 Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kemurnianmu.

13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan mengajar.

14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu melalui nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.

15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.

16 Awasilah dirimu sendiri dan ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Mengenai saudara-saudara seiman

1 Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegurlah dia sebagai bapak. Tegurlah orang-orang muda sebagai saudaramu,

2 perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.

×

Efesus 5 : 22, 24

22 Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,

24 Karena itu, sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah istri kepada suami dalam segala sesuatu.

×

Efesus 5 : 25

25 Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

×

Kejadian 2 : 24

24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

×

2 Korintus 5 : 1

1 Karena kami tahu bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di surga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *