Kesatuan Dalam Kristus

“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.” (Kolose 3:1)



Pembahasan: Kolose 3:1 | Ayat Bacaan: Kolose 3:1-17

Dalam Kolose 3:1, kita diingatkan untuk “mencari perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.” Ayat ini mengajak kita untuk memfokuskan hidup kita pada hal-hal yang benar-benar penting dan abadi. Sebagai pengikut Kristus, kita telah “dibangkitkan bersama dengan Kristus.” Ini berarti bahwa kita telah menerima hidup baru di dalam Dia dan telah dibebaskan dari kuasa dosa dan kematian. Namun, kebangkitan kita tidak hanya terbatas pada kehidupan masa depan; itu juga berdampak pada kehidupan kita saat ini.

Ketika kita mencari perkara yang di atas, kita mengarahkan pikiran dan hati kita kepada hal-hal yang kekal dan tidak dapat binasa. Kita memikirkan tentang karakter Allah, firman-Nya, dan kerajaan-Nya yang akan datang. Kita merenungkan tentang kasih Kristus, pengorbanan-Nya, dan janji-janji-Nya. Dengan memfokuskan hidup kita kepada perkara yang di atas, kita akan diubahkan dari dalam ke luar. Kita akan menjadi lebih seperti Kristus dalam pikiran, perkataan, dan tindakan. Kita akan menjadi lebih sabar, penuh kasih, dan rendah hati.

Mencari perkara yang di atas tidak selalu mudah. Kita hidup di dunia yang penuh gangguan dan godaan. Namun, ketika kita membuat keputusan secara sadar untuk mengutamakan hal-hal yang kekal, maka kita akan menemukan kepuasan dan sukacita sejati. Ketika kita mencari perkara yang di atas, kita juga menyatakan iman kepada Kristus. Kita percaya bahwa Dia adalah Tuhan dan Juru Selamat kita, dan bahwa Dia akan kembali untuk mendirikan kerajaan-Nya. Kita percaya bahwa hidup kita di bumi ini hanyalah sementara, dan bahwa kita diciptakan untuk tujuan yang lebih besar.

Marilah kita mencari perkara yang di atas, di mana Kristus ada. Marilah kita fokuskan hidup kita pada hal-hal yang benar-benar penting dan abadi. Dengan melakukan itu, kita akan diubahkan dari dalam ke luar, dan kita akan menjadi lebih seperti Kristus. Kita akan menemukan kepuasan dan sukacita sejati, dan kita akan menyatakan iman kita kepada Dia. Mencari perkara yang di atas adalah sebuah perjalanan, bukanlah tujuan. Ini adalah sesuatu yang harus kita lakukan setiap hari, setiap saat dalam hidup kita.

STUDI PRIBADI: Selidiki hati kita, adakah kita hanya mencari kenyamanan dan kekayaan? Mohonlah ampun dan meminta Dia merubah fokus hati kita agar kita rindu hidup bagi Dia.

Pokok Doa: Doakanlah agar orang Kristen yang hidup secara duniawi dan hanya mencari harta, boleh segera bertobat dan mencari kebenaran dan hidup di dalam-Nya.

Sharing Is Caring :

×

Kolose 3 : 1-17

1 Karena itu, apabila kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah hal-hal yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

2 Pikirkanlah hal-hal yang di atas, bukan yang di bumi.

3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. 4Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, tampak kelak, kamu pun akan tampak bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Manusia baru

5 Karena itu, matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, 6semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang yang tidak taat].

7 Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya.

8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,

10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbarui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Penciptanya;

11 dalam hal ini tidak ada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.

12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain; sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, perbuatlah juga demikian.

14 Di atas semuanya itu: Kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil dalam satu tubuh. Dan bersyukurlah.

16 Hendaklah perkataan Kristus tinggal dengan limpahnya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur melalui Dia kepada Allah, Bapa kita.

×

Kolose 3 : 1

1 Karena itu, apabila kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah hal-hal yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

×

Efesus 5 : 22, 24

22 Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,

24 Karena itu, sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah istri kepada suami dalam segala sesuatu.

×

Efesus 5 : 25

25 Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

×

Kejadian 2 : 24

24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

×

2 Korintus 5 : 1

1 Karena kami tahu bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di surga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *