Dihina Tetapi Terus Berkarya

Bacaan hari ini: 2 Korintus 11:1-33 | Bacaan setahun: Yesaya 37-39, Amsal 18


“Tetapi apa yang kulakukan, akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan, bahwa mereka sama dengan kami dalam hal yang dapat dimegahkan.” (2 Korintus 11:12)

Persaingan dalam kehidupan New Normal saat ini menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Dalam pengertian bahwa setiap orang tidak mau lagi peduli dengan keberhasilan orang lain. Mereka justru ingin menjatuhkan dan merusak keberhasilan sesamanya. Dan hal itu seringkali dilakukan dengan berbagai cara yang memalukan dan tidak baik.

Pengalaman pelayanan yang telah dikerjakan oleh Rasul Paulus juga mengalami kondisi yang sangat tidak kondusif. Ada banyak pengajar palsu yang hendak merusak pelayanan yang telah dilakukan oleh Paulus. Oleh sebab itu, Rasul Paulus kembali menegaskan bahwa: (1) Dirinya bersyukur karena mempunyai kesempatan untuk mengingatkan kepada Jemaat di Korintus akan bahaya para pengajar palsu. Supaya tidak terbuka sebuah kesempatan yang dapat merusak pelayanan yang sudah dikerjakan. Oleh sebab itu, Rasul Paulus juga mengingatkan supaya Jemaat Korintus agar berhati-hati dengan para pengajar yang palsu tersebut karena mereka bisa menyamar seperti malaikat terang; (2) Paulus sangat mengasihi Jemaat di Korintus. Bukan hanya peringatan kepada jemaat di Korintus yang Paulus ingatkan, juga melalui berbagai macam penganiayaan dan penderitaan yang telah Paulus hadapi adalah semata-mata supaya Injil dapat tetap diberitakan kepada Jemaat di Korintus. Oleh sebab itu, bagi Rasul Paulus, tidak ada yang dapat dimegahkan dalam dirinya selain pengorbanan, penderitaan dan teladan mengikuti Kristus.

Marilah kita sebagai Umat Allah yang telah ditebus oleh darah Kristus, memahami dan menyadari bahwa meskipun kita dihina dan juga disalah- mengerti oleh banyak orang, ketika kita melayani Kristus, kita harus tetap berkarya bagi kemashuran Injil Tuhan. Karena Kristus telah lebih dahulu mengalami penolakan dari dunia, ketika Ia datang untuk menyelamatkan umat manusia yang berdosa.

STUDI PRIBADI : Apakah yang Paulus lakukan terhadap jemaat di Korintus, berhubungan dengan pelayanannya?

Pokok Doa : Berdoalah agar setiap kita, hamba-Nya, dapat berjuang untuk pelayanan pemberitaan Injil yang benar, bukan hanya mencari keuntungan diri sendiri. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *