Kesaksian Paulus

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 26:12-32 | Bacaan setahun: Ayub 36-37, Ibrani 7


“Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat.” (Kisah Para Rasul 26:19)

Penangkapan Paulus dan kemudian bagaimana ia diadili dari satu pembesar ke pembesar lainnya, dipandang oleh Paulus sebagai kesempatan untuk bisa bersaksi, seperti yang dikatakannya dalam Filipi 1:12-13. Paulus berkesempatan menceritakan kisah pertobatannya di hadapan raja Agripa; bagaimana ia pertama kali bertemu dengan Kristus dan bagaimana ia menerima panggilan menjadi pelayan dan saksi-Nya. Semua ini tentu sulit terjadi bila Paulus tidak pernah dibawa menghadap raja Agripa. Paulus menghadapi pengadilan yang harus ia jalani bukan dengan mengasihani diri, bukan pula dengan mengeluh dan bersungut-sungut di hadapan Tuhan, melainkan menangkap kesempatan itu sebagai sebuah peluang untuk menyaksikan karya Kristus dalam hidupnya dan menggenapi panggilan yang telah ia terima dari Kristus.

Tidak banyak orang yang bisa meresponi situasi yang sulit sebagai sebuah kesempatan untuk bersaksi tentang Juruselamat yang ia percayai dan apa yang telah dikerjakan-Nya. Kebanyakan orang, justru akan marah-marah dan kecewa, bahkan tidak sedikit orang percaya, yang kemudian kehilangan imannya di tengah situasi yang tidak baik.

Apabila kita membaca dan memperhatikan apa yang terjadi dalam kehidupan Paulus ini, maka kita dicelikkan bahwa ada kalanya situasi sulit diperlukan sehingga kita bisa bersaksi. Orang yang tidak pernah mengalami pertolongan Tuhan di tengah tekanan hidup, bagaimana ia bisa menyaksikan bahwa Tuhan itu benar-benar hidup dan berkuasa? Orang yang tidak pernah mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan, bagaimana mungkin dirinya bisa menyaksikan karya Kristus yang menyelamatkan?

Oleh karena itu saudara, jangan kecewa di saat hidup kita sekarang tidak berjalan sebagaimana yang kita inginkan. Jangan marah di saat kita diijinkan melewati kesulitan hidup. Tetapi lihatlah semuanya itu sebagai sebuah kesempatan untuk diri kita menyaksikan Kristus yang hidup dan berkarya dalam hidup kita. Amin.

STUDI PRIBADI:
(1) Apa yang menjadi respons raja Agripa pada saat mendengar kesaksian Paulus?
(2) Bagaimana sikap Paulus terhadap orang-orang yang belum percaya?

Pokok Doa : Berdoalah agar jemaat Tuhan supaya melalui setiap hal yang diijinkan oleh Tuhan, boleh diperlengkapi Tuhan Yesus untuk menjadi saksi-Nya, dimanapun dan kapanpun.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *